Langsung ke konten utama

cara merawat busi vespa

Merawat Busi Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa. Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang. Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator. Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli. Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar. Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi. Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 - 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan. Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek. Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran. Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut : 1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang 2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso. Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis. Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung. Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik. Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin. Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati. Hal-hal yang menyebabkan busi mati 1. Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil 2. Coil terlalu lemah 3. Platina / CDI lemah 4. Rendahnya kualitas Bensin 5. Rendahnya kualitas Oli samping Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara cara membersihkan karat dan kerak dari blok motor

 Pada kali ini saya akan membahas artikel tentang cara membersihkan mesin motor dari kerak dan karat. Karena memiliki kendaraan motor agar selalu terlihatan bersih, kinclong dan mengkilap selau diinginkan oleh setiap orang.  Membersihkan mesin bisa dengan beberapa cara. Nah, sebelum membersihkan mesin kita harus mengetahui jenis kotoran apa yang menghinggapi di mesin motor kita.  Mengapa ini penting? Karena dengan mengetahui kotoran yang menempel kita harus tau bahan dan alatnya apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan kotoran tersebut biar kinclong seperti baru. Jenis kotoran yang sering ditemui pada mesin motor adalah karat dan kerak, ini terjadi karena posisi mesin berada di luar yang langsung berintraksi dengan udara bebas membuat kotoran dari luar bisa langsung menempel pada mesin, apalagi ada rembesan oli dipermukaan mesin maka kotoran akan mudah menempel. Ok daripada nunggu lama ini dia caranya. 1. Gunakan air detergent/cairan pembersih piring Untuk langkah

Cara sederhana membersihkan karburator

Hai broo, kali ini saya akan ngeshare tentang cara membersihkan karburator kali ini saya akan pake motor supra x 110, motor ini sering saya pake setiap hari  dan kemanapun saja. Belum banyak sih yang saya tau tentang karbu, cuman bisa bongkar sama bersihin aja hehehe.     Karburator adalah suatu komponen motor terpenting dalam proses pembakaran. Bagi para mekanik mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah karburator, dalam perkembangannya sendiri sekarang ini motor motor yang diproduksi sudah jarang menggunakan karburator sekarang zaman sudah maju dan teknologi semakin canggih. Kebanyakan dizaman sekarang ini motor motor sudah menggunakan teknologi EFI (singkatan dari electrik fuel injection) atau bahan bakar terkomputerisasi. Karburator yang mengalami gangguan misalnya saja kemasukan air atau terlalu kotor maka biasanya motor tidak mau dihidupkan atau mesin motor tersendat sendat.    Oleh karena itu bagi anda yang masih menggunakan motor karbu maka perlu adanya perawat